Media Penyimpanan Magnetis

Media penyimpanan magnetis adalah perangkat yang menyimpan data dalam bentuk titik-titik magnet yang sangat kecil sekali. Titik-titik tersebut dibuat, dibaca, dan dihapus dengan menggunakan medan magnet yang dibangkitkan dengan menggunakan elektromagnet yang sangat kecil.


Hingga sekarang, ada dua jenis medium penyimpanan magnetis, yakni tape magnetis (magnetic tape) dan cakram magnetis (magnetic disk). Dalam tape magnetis, titik-titik magnet disusun sedemikian rupa sepanjang strip plastik yang telah diselimuti dengan lapisan yang dapat diberi aliran magnet. Sementara, pada cakram magnetis, titik-titik tersebut disusun sedemikian rupa dalam bentuk melingkar yang ditaruh dalam permukaan plastik, logam, atau kaca yang diberi selimut yang dapat dialiri magnet.
Karena bersifat magnetis, maka data yang ada di dalam media penyimpanan magnetis akan mengalami kerusakan saat didekatkan dengan magnet yang lebih kuat.

-Hard Drive (HDD), sebuah perangkat yang mampu menyimpan data dalam kapasitas yang sangat besar. Hard drive paling besar sekarang sudah mencapai kapasitas 3 TB untuk setiap drive-nya. Kecepatan hard drive pun juga semakin tinggi dengan diciptakannya beberapa antarmuka yang baru, seperti Serial ATA 3 dan juga USB 3.0.


Data akan disimpan di dalam beberapa piringan cakram dari logam atau kaca yang dilapisi oleh titik-titik magnetis, yang disebut dengan platter. Beberapa hard disk drive memiliki satu platter, atau beberapa memiliki hingga empat platter. Meskipun sebuah hard disk drive memiliki empat platter, kapasitasnya tergantung pada kepadatan data setiap platter-nya.
Perjalanan hard disk drive dari pertama kali ditemukan sampai sekarang membuatnya terbagi menjadi dua kategori, yakni hard disk drive tetap (fixed hard disk drive), dan juga hard drive portabel (portable hard disk drive).
Hard disk drive tetap (fixed hard disk drive) merupakan hard disk drive yang disimpan di dalam casing sebuah komputer. Hampir semua komputer memiliki hard disk drive yang tetap, paling tidak untuk menyimpan sistem operasi dan data yang dibutuhkan agar sistem dapat berjalan. Karena dianggap sebagai sesuatu yang “tetap”, maka hard disk drive bertindak sebagai perangkat penyimpanan utama pada hampir semua komputer, karena memang jenis hard disk drive ini mampu menyediakan akses yang cepat terhadap berkas kita, baik secara akses acak maupun akses berurutan.
Sementara itu, hard disk drive portabel adalah hard disk drive yang ditaruh di dalam casing kecil yang mengizinkannya untuk dicabut-pasang. Antarmuka yang digunakannya adalah bisa IEEE 1394/Firewire, Serial ATA (eSATA), dan juga Universal Serial Bus, yang biasanya terpatri di dalam casing hard disk drive portabel tersebut. Nah, karena sebenarnya hard disk drive portabel adalah sama dengan hard disk drive biasa, maka kapasitasnya pun juga besar sehingga mengizinkan kita untuk mentransportasikan data dalam jumlah besar dari satu komputer ke komputer lainnya.

- Magnetic Tape

Tape magnetis memiliki kapasitas besar, tapi menggunakan metode akses serial, yang membuatnya agak sedikit lambat dalam mengakses berkas dalam mediumnya. Tape digunakan saat data dalam jumlah yang sangat besar harus disimpan, tapi kecepatan akses data tidak diperlukan. Sehingga, banyak perusahaan menggunakan tape untuk menyimpan backup sistem dan data mereka. Hal ini dikarenakan tape mampu menyimpan banyak data, tapi sangat sekali jarang diakses, kecuali memang ada sesuatu yang bersifat darurat.

Cakram magnetis yang bersifat removable :


- Floppy Disk, sebuah medium penyimpanan data yang bersifat removable, portabel, dan juga murah. Kapasitasnya pun rendah, karena hanya menyimpan 1,44 Megabyte. Karena kapasitasnya rendah, floppy disk hanya digunakan untuk mentransfer berkas-berkas kecil saja. Floppy disk menggunakan akses acak untuk membaca ataupun menulis data di dalam mediumnya, sama seperti hard disk drive. Namun, waktu yang dibutuhkan untuk mengakses data dari dalam mediumnya sangat lambat.


- Zip Disk, sebuah medium penyimpanan portabel yang mirip dengan floppy disk, tapi memiliki kapasitas yang jauh lebih besar (100 MB, 250 MB atau 750 MB). ZIP disk dibuat oleh Iomega mulai tahun 1994. Karena kapasitasnya besar, Zip disk juga dapat digunakan untuk memindahkan banyak berkas besar antar satu komputer ke komputer lainnya.


Zip Disk kini juga telah dianggap kuno, karena sudah banyak teknologi yang mampu menggantikannya dengan kapasitas yang lebih besar serta kecepatan yang lebih tinggi pula.

- Jaz Disc, sebuah medium penyimpanan data removable yang menggunakan teknologi yang sama seperti hard disk drive, dengan kapasitas yang besar pula, yakni hingga kapasitas 2 GB. Jaz Disk dibuat oleh Iomega pada tahun 1995.

Jannes Prasetya

sedang dalam perbaikan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar