Li-Fi, Akses Internet dengan Kecepatan Cahaya

Peneliti dari Fudan University di China berhasil mentransfer data  menggunakan 'Li-Fi' dengan kecepatan hingga 150 Mbps. Teknologi ini memiliki kemampuan lebih tinggi dari Wi-Fi yang ada sekarang ini.

Li-Fi adalah teknologi baru yang mentransfer data streaming menggunakan lampu LED. Meski masih dalam penelitian berlanjut, teknologi ini bisa digunakan dalam kecepatan yang tinggi dalam mentransfer data. Nantinya seperangkat perangkat teknologi Li-Fi ini akan dipamerkan dalam China International Industry Fair di Shanghai 5 November mendatang.

Teknologi Li-Fi, sebagaimana dilansir Slashgear, Senin (21/10/2013), sebenarnya pernah diuji coba pertama kali oleh peneliti dari University of Edinburgh pada 2011. Namun pada uji coba /yang pertama itu hanya mencapai kecepatan maksimal 10 Mbps. Padahal secara teori, Li-Fi bisa mentransfer data nirkabel hingga 1 Gbps.

Teknologi ini menggunakan kecepatan cahaya untuk mentransfer data. Perangkat awal pemberi sinyal akan memancarkan cahaya sekaligus mentransfer data, lalu diterima oleh reciever. Peneliti mengatakan kamera yang tersemat dalam ponsel pintar dapa dimodifikasi menjadi perangkat penerima dari sinyal yang dikirim lewat cahaya tersebut.

Jika teknologi terbaru ini benar-benar layak dan dapat digunakan oleh semua orang, tentunya bisa bermanfaat dalam banyak hal. Antara lain menekan biaya data, lebih efektif dan efisien karena proses transfer dilakukan lewat cahaya.


sumber

Jannes Prasetya

sedang dalam perbaikan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar