Kenyataan Sosial dan Masalah Sosial dalam Masyarakat

Kenyataan Sosial
- menurut Peter L Berger adalah sebagai sebuah kualitas yang terdapat dalam fenomena-fenomena yang kita akui sebagai memiliki Keberadaan yang tidak tergantung kepada kehendak kita sendiri.

Kenyataan itu tidak bisa kita hindari. Kenyataan itu di perhadapkan pada kita atas kedirian kita sebagai individu dan kelompok atas sebuah realitas yang sesungguhnya.  kesenjangan sosial yang terjadi merupakan sebuah proses rekayasa sosial atas kendali epos modernitas.

Masalah sosial 
- suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.

Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.

beberapa jenis faktor Masalah sosial,
- Faktor Ekonomi : kemiskinan, pengangguran, dll
- Faktor Budaya : kenakalan remaja, perceraian, dll
- Faktor Biologis : penyakit menular, keracunan makanan, dll
- Faktor Psikologis : gangguan jiwa, aliran sesat, dll

Mengatasi Masalah Sosial 

-  Peran Orangtua. adalah pintu pertama dalam menangani masalah sosial. Selain karena orang tua adalah merupakan bagian dari tatanan sosial masyarakat, orang tua juga menjadi penentu baik tidaknya kehidupan keluarga yang ujung-ujungnya akan bersinggungan dengan kehidupan masyarakat disekitarnya.


-  Peran Pemerintah. sebenarnya yang sangat berpengaruh dan dapat membantu peran-peran lainnya dalam mengatasi masalah sosial. Karena mereka mempunyai wewenang untuk menggerakkan, memfasilitasi dan bahkan memberi punishment bagi yang tidak mengikuti aturannya. 

- Peran Golongan Tertentu. adalah seperti pengusaha, tokoh agama, lembaga-lembaga sosial, maupun pribadi yang masuk kategori mapan atau mampu memberi sumbangsi dalam mengatasi masalah sosial di daerahnya.

-http://nissaajah91.wordpress.com/2010/03/02/pengertian-masalah-sosial-dan-jenis-masalah-sosial-dalam-masyarakat/
-http://caramaster.blogspot.com/2013/06/cara-mengatasi-masalah-sosial-jenis-dan.html

Jannes Prasetya

sedang dalam perbaikan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar