Sotskill - Proposal AnakKampus.com


BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
            Setiap siswa-siswi atau wali siswa-siswi yang hampir menjelang kelulusan di Sekolah Menengah Atas (SMA) pasti sudah hampir mempersiapkan dirinya atau anaknya untuk memasuki jenjang Perguruan Tinggi Negri maupun Swasta. Pada persiapan tersebut banyak dari wali siswa / i atau siswa / i kurang mendapatkan informasi mengenai universitas di indonesia Perguruan Tinggi Negri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).
            Dengan ada nya informasi bebasis website yang akan dibangun ini, penguna tidak kesulitan untuk mendapatkan informasi mengenai universitas di Indonesia, agar pendidikan anda atau anak didiknya terarah melihat kualitas informasi universitas dan kemampuan anak nya terhadap fakultas yang cocok. Mengetahui informasi fakultas terbaik yang di tuju dalam mengetahui informasi.

1.2. Batasan Masalah
            Pada pembangunan informasi anak kampus, hanya berupa informasi seputar PTN dan PTS, dan terdapat fitur jual beli yang dapat di manfaatkan anak kampus maupun alumni untuk barang yang tidak terpakai setelah lulus atau sudah tidak ingin dimiliki, semua di atur dalam kategori yang lebih rinci.
            Fitur jual beli dapat memberikan pengetahuna bagi calon mahasiswa, apa saja yang dibutuh kan sebelum menjasi mahasiswa resmi. Peralatan seperti untuk di kos tempat tinggal atau elektronik seputar leptop dan perangkat keras leptop dan keperluan lain nya.

1.3. Rumusan Masalah
            Pembangunan aplikasi informasi berbasis website menginformasikan data PTN dan PTS dan terdapat Forum jual beli.

1.4. Tujuan
            Calon mahasiswa, wali calon mahasiswa, atau pun alumni dan mahasiswa mendapatkan informasi seputar kampus, dan dapat menyalurkan kepemilikan dalam peralatan kepada yang membutuhkan.

1.5. Sasaran
            Pada pembanguna informasi anak kampus ini memiliki target yaitu kepada calon mahasiswa, wali calon mahasiswa, mahasiswa dan alumni.
BAB II
PEMAHAMAN UMUM

2.1. Analisis Masalah
            Dalam kehidupan informasi adalah suatu karya yang sangat mahal harga nya, seseorang dapat melangkahi batas orang lain karna informasi yang lebih dalam yang dimiliki nya. Padangan pembangun informasi anak kampus ini, melihat di sekitar lingkungan dan yang di rasakan sebelum memasuki jengjang Perguruan Tinggi.
            Kekurangan infromasi sebelum memasuki rana Perguruan Tinggi, kemungkinan tinggi setiap calon mahasiswa, salah memasuki jurusan dan salah memilih jurusan yang selaras dengan akreditasi yang baik pada Universitas yang ingin di tuju dalam pendidikannya.
            Pada kehidupan pengetahuan adalah gol utama pada karakter hidup, life style di ketahui dalam pengelihatan pada lingkungan, gaya hidup akan berubah berdasarkan lingkungan. Apabila seseorang tau mengenai lingkungan baru yang akan di jumpai, ia akan mempersiapkan nya.

2.2. Solusi yang ditawarkan
            Memberikan informasi sedetail mungkin dan User Interface (UI) yang menarik agar pengunjung menyukai nya, dan penggantian UI beskala agar pengunjung website tidak bosan. Dalam pembangunan User Experience (UX) tidak sulit untuk dilakukan oleh user, karna target dalam project ini masuk ke dalam rana orang tua atau wali dari calon mahasiswa.


BAB III
PERENCANAAN DAN PELAKSAAN

3.1. Biaya Proyek
            Pembangunan informasi AnakKampus.com ini membutuhkan Front-End website Developer, Back-End website Developer, Android Programmer, Ios Programmer.

Bagian Biaya

Front-End website Developer
Rp. 4.000.000

Back-End website Developer
Rp. 6.000.000

Android Programmer
RP. 5.000.000

Ios Programmer
Rp. 6.500.000

Jumlah pengeluran adalah RP 21.500.000 sementara.

3.2. Jadwal Proyek
            Waktu dalam pembangun estimasi akan selesai dalam waktu 2 bulan, akan di rancang mengunakan tahapan SDLC dengan model incremental agak pembanguna bisa cepat dan terdapat kalender timeline untuk mengetahui waktu pelaksanaan, Apabila ada penambahan fitur, akan di tahan terlebih dahulu, mengikuti rancangan awal terlebih dahulu.

3.3. Tim Pelaksana
            Terdapat tim dalam pembangunan yaitu Front-End website Developer, Back-End website Developer, Android Programmer, Ios Programmer.


BAB IV
DESIGN ATAU PERANCANGAN

4.1. Pengumpulan Data
            Pada pengumpulan data mengunakan 3 cara yang akan dilakukan yaitu dengancara observasi, wawancara dengan pihar terkait dan koesioner. Pengumpulan data terlebih dari mengetahui kelebihan dan kekurangan dari suatu Perguruan Tinggi, menentukan Perguruan Tinggi terbaik PTN dan PTS. Memberikan informasi Universitas favorit setiap tahun nya.
            Melakukan observasi ke beberapa kampus apabila kekurangan informasi dari kampus tersebut, dan memalukan wawanca pada pihak penerimaan mahasiswa di kampus tersebut, dan melakukan koesioner terhadap mahasiswa yang sudah berkuliah di kampus tersebut agar mendapatkan data yang diharapkan.

4.2. Perancangan Alur Aplikasi atau Alur Sistem
            Terdapat user dan admin dalam pengunaan aplikasi informasi AnakKampus.com ini, User terbagi menjadi mahasiswa, calon mahasiswa, wali mahasiswa dan alumini. Penjelasan Alur Aplikasi di visualisasikan dalam Usacase Diagram pada Gambar dibawah ini



Gambar : Usecase Dagram AnakKampus.com

4.3.  Perancangan Database
            Terdapat beberapa table dalam pembangunan ini yaitu tbl_user, tbl_barang, tbl_informasi dan tbl_admin, terdapat pada gambar di bawah ini yang di visualisasikan dalam Class Diagram.



Gambar : Class Diagram AnakKampus.com

4.4. Perancangan User Interface (Mockup)
            Terdapat beberapa tampilan yang sudah di rancang pada pembangunan ini, perhatikan gambar dibawah ini. Perancangan di visualisaikan mengunakan Gambar.

Pertama adalah rancangan Logo AnakKampus.com



Gambar : Logo AnakKampus.com

Kedua adalah racangan tampilan Home pada tampilan website



Gambar : Tampilan Home AnakKampus.com

Ketiga adalah Tampilan Forum pada AnakKampus.com



Gambar : Tampilan Forum pada AnakKampus.com

Keempat adalah Tampilan Isi dari Forum AnakKampus.com



Gambar : Tampilan Isi Forum AnakKampus.com

Kelima Tampilan FJB pada AnakKampus.com



Gambar : Tampilan Forum Jual Beli AnakKampus.com

Keenam Adalah tampilan Footer pada AnakKampus.com



Gambar : Tampilan Footer AnakKampus.com

Jannes Prasetya

sedang dalam perbaikan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar