Tugas Wawancara: PT Cloud Hosting Indonesia

MAKALAH PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

PT Cloud Hosting Indonesia


Kelompok 4 :
1.              Agung Kuncoro
2.              Aziz Sudrajat
3.              Febrianus Jannes
4.              M Faisal
5.              M Ihsan
6.              Wahid Rajiv H
7.        Twin Edo N.

1.        Pendahuluan

       Memasuki era cloud computing membuka peluang bagi Indonesia, Akan tetapi, menurut Country Manager IDC bahwa pasar cloud di Indonesia terus mengalami pertumbuhan namun pergerakan begitu lambat, padahal jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat. Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan di tahun 2014 jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 88% dengan penetrasi mencapai 34% dan Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan, pengguna internet di Indonesia hingga saat ini telah mencapai 82 juta orang. Dengan capaian tersebut, Indonesia berada pada peringkat ke-8 di dunia.
 Pemerintah telah mengeluarkan peraturan No. 82 Tahun 2012 tentang pengelolaan transaksi dan system elektronik. Dimana, mewajibkan pusat data terletak di Indonesia artinya seluruh perusahaan baik asing maupun dalam negri wajib menggunakan data center lokal. Maka dari itu, memberikan jalan bagi usaha cloud computing local dalam dan peraturan tersebut akan diimplementasikan pada bulan oktober 2017
(www.thejakartapost.com).
Hal ini memberikan peluang bagi pembisnis cloud untuk melakukan perbaikan dan meningkatkan pelayanan. Kolerasi antara pengguna internet di Indonesia dan kemajuann komputasi awan membuka sebuah peluang perusahaan-perusahaan di bidang IT mulai memanfaatkan bisnis di bidang komputasi awan dengan model pelayanan Infrastruktur As a Service (IAAS) Penyedia layanan cloud IAAS di dunia bahkan di Indonesia banyak ditemukan dengan pelayanan dan jenis pembayaran yang berbeda atau biasa disebut pas as you go (bayar sesuai kebutuhan). Pelangaan akan mendapat mencoba atau mengecel layanan tersebut dinamakan trial. Salah Satu layanan cloud IAAS adalah PT Cloud Hosting (IDCloudHost).
IDCloudHost merupakan perusahaan yang berbasis cloud computing berdomisili di Indonesia yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam membangun abstraksi dan infrasturktur yang kompleks pada suatu layanan. IDCloudHost didirikan sejak bulan Mei tahun 2015 oleh Alfian Pamungkas bersama tiga co-founder lainnya.
Dihadiri oleh sumber daya yang memadai, terbukti saat ini IDCloudHost telah menyediakan enam produk diantarannya Domain, Cloud Hosting, Virtual Server, Private Server, Dedicated Server, Reseller Domain dan Reseller Hosting. Produk tersebut memberikan pelayanan hosting, akses yang cepat, sistem administrasi yang tidak rumit, keamanan, kapasitas memadai, kemudahaan bertransaksi.
Hingga saat ini, jumlah pelanggan IDCloudHost mencapai angka 9000 yang tersebar di seluruh Indonesia dan mancanegara. IDCloudHost berharap akan tercipta suatu teknologi informasi yang bermanfaat serta mempermudah segala layanan yang dibutuhkan oleh pengguna, sesuai dengan tagline “Everything you need here” IDCloudHost akan memberikan pelayanL PERUSAHAANan untuk meningkatkan dan memdukung hosting maupun server komputasi awan yang efektif dan efisien.

2.        Profil Perusahaan

Pada hari selasa tanggal 07 – 07 – 2015 pukul 09.00 WIB dibawah notaris Nyonya Ratna Wijayawati, SH, di Kota Tangerang Selatan, telah didirikan PT Cloud Hosting Indonesia atau IDCloudhost atau
IDCH         dengan            4          (empat)           orang   pendiri diantaranya     Alfian Pamungkas Sakawiguna sebagai direktur utama, Muhammad Mufid Luthfi sebagai direktur 1, Rof ul Zamal Santosa sebagai direktur 2, dan Depi Rusnandar sebagai Komisaris. Pada bulan ketiga setelah berdirinya IDCH yaitu pada bulan Oktober 2015, barulah diadakan perekrutan untuk manajemen pendukung. Dengan menghadirkan 5 (lima) orang yang kompeten kemudian dibagi dalam beberapa bidang manajemen.
PT Cloud Hosting Indonesia terdaftar dengan nomor TDP 30.08.1.62.08788 yang berlaku sampai dengan tanggal 09 November 2020, SIUP dengan nomor : 50/001373-BP2T/3008/PK/XI/2015 masa berlaku sampai dengan 09 November 2020, Surat Keterangan Domisili dengan nomor : 503/167/Kel. PB/VII/2015 yang beralamat di Jl. Pinus Raya Reni jaya Blok AG-1/1 RT. 004 RW. 021 Kelurahan Pamulang Barat Kec. Pamulang Kota Tangerang Selatan, NPWP 73.599.599.5-411.000 dan keputusan menteri hukum dan hak asasi manusia republik Indonesia nomor AHU-2447202.AH.01.01.TAHUN 2015 tentang pengesahan pendirian badan hukum perseroan terbatas atas nama PT Cloud Hosting Indonesia.

3.        Visi dan Misi

Visi
Menjadi layanan Web Hosting Provider yang mengedepankan konstribusi untuk bisa memberikan pelayanan maksimal lewat kolaborasi untuk membangun negeri yang lebih baik
Misi
1.       Memberikan Service of Excellent bagi pelanggan IDCloudHost.
2.       Memberikan kemudahan dalam penggunaan layanan.
3.       Memberikan keamanan terhadap layanan yang diberikan.
4.       Menyediakan jasa informasi dalam bentuk media internet.

4.        Struktur Organisasi

5.                   Produk dan Layanan Domain

Domain adalah nama untuk mengidentifikasi alamat sebuah situs dalam artian sebagai identitas pada situs, sehingga mempermudah dalam mengakses server tanpa harus memasukkan IP Address.

Cloud Hosting

Tempat penyediaan data-data yang terdapat pada website, blog, dan sebagainya dengan terintegrasi dari beberapa server sehingga memudahkan penyimpanan tanpa harus memiliki hardware. IDCloudHost menggunakan hosting berbasis sistem Cloudflare, Railgun , Node Balancers, dan keamanan ganda sehingga web server aman dan kecepatan akses lebih cepat. Layanan yang terhubung oleh berbagai server, sehingga memungkinkan pengguna mengakses suatu website lebih cepat dan aman. Hal yang membedakan antara shared hosting adalah teknologi Cloud Hosting. Apabila salah satu server mati, maka server yang lainnya tetap hidup dan tidak akan menganggu jaringan akses pada suatu website atau aplikasi. server hosting dengan stabilitas tinggi dan 99,99% uptime.

Virtual Private Server( VPS)

Virtual Private Server (VPS) adalah suatu metode untuk membagi sumber daya (resource) pada sebuah physical server hingga beberapa Virtual Server (Virtual Machines). VPS sering disebut sebagai teknologi server side dalam sistem operasi dan perangkat lunak. Oleh karena itu, memungkinkan sebuah mesin memiliki kapasitas yang besar untuk dibagikan ke beberapa virtual mesin. Tiap virtual mesin ini melayani sistem operasi dan perangkat lunak secara mandiri dan dengan konfigurasi yang cepat. VPS baik digunakan bagi website dan aplikasi dengan trafik yang sangat tinggi. Adapun keperluan khusus lainnya yaitu terdapat dukungan dari berbagai macam OS untuk mendapatkan tampilan yang maksimal.

Private WHM SSD

Produk yang dimana pelanggan membutuhkan layanan web hosting lebih dari Reswller Web Hosting. Paket VPS + WHM/cPanel, pelanggan akakn memiliki fasilitas web server dengan kapasitas lebih besar dan lebih fleksibel. Selain itu mendapatkan akses akses penuh untuk dapat mengontrol server sepenuhnya. Paket ini juga memiliki fasilitas setup keamanan jaringan oleh tim teknis kami yang menjadikan server lebih aman, serta memiliki berbagai macam pilihan dan center. Paket ini sangat cocok untuk yang menginginkan control penuh VPS tanpa harus memikirkan permasalahan teknis.

Dedicated Server

Dedicated Server merupakan salah satu layanan penyimpanan server yang akses keseluruhan. Pelanggan dapat mengelola sendiri terhadap server untuk kebutuhan. Dedicated Server mempermudah dalam mengelola semua aktifitas pelanggan.

Reseller Domain

Mendisribusikan dan menjual kembali domain yang di reseller beli dengan harga yang lebih murah. Berikut ini adalah manfaat yang akan didapatkan dengan menjadi reseller domain di IDCloudHost : 1.
Harga untuk reseller Domain yang murah,
Mendapatkan berbagai fitur di Control Panel domain,
3.    Kemudahan manajemen Panel,
4.    Dapat membuat Sub-reseller,
5.    Mendukung integrasi dengan WHMCS, dan lainnya

Reseller Hosting

IDCloudhost membantu mewujudkan bisnis hosting dengan harga yang mahal, bahkan tidak perlu melakukan pengelolaan server. Dengan bisnis Reseller Web Hosting Indonesia ini, reseller akan mendapatkan Unlimited Fitur seperti WHM, Private Name Server sendiri dan juga Unlimited Panel sehingga mempermudah reseller dalam melakukan manajemen Bisnis seperti mengatur harga jual layanan yang reseller tentukan sendiri.

6.        Portofolio


Jannes Prasetya

sedang dalam perbaikan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar