Pengetian Game Engine
Menurut Wikipedia (http://en.wikipedia.org), Game Engine adalah komponen software inti dari sebuah video game.Engine game biasanya menangani perenderan grafik dan teknologi penting lainnya,tetapi juga memungkinkan dalam menangani fungsi tambahan seperti kecerdasan buatan,pendeteksian tubrukan antara objek game dengan benda lainnya.
Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Sebuah game engine dibagi lagi menjadi dua bagian besar. Yaitu API dan SDK. API ( Applicaiton Programming Interfaces ) adalah bagian operating system, services dan libraries yang diperlukan untuk memanfaatkan beberapa feature yang diperlukan. Dalam hal ini contohnya DirectX. Sementara SDK adalah kumpulan dari libraries dan API yang sudah siap digunakan untuk memodifikasi program yang menggunakan operating system dan services yang sama.
Game engine mempunyai tipe-tipe diantaranya:
Macam - macam Game Engine Populer
Sudah banyak game-game yang menakjubkan yang telah dirilis oleh berbagai perusahaan di dunia ini. Tapi dibalik game yang hebat pasti ada engine yang hebat. Nah sekarang saya akan membagi info tentang game engine yang banyak dipakai mulai yang proprietary sampai open source.
Menurut Wikipedia (http://en.wikipedia.org), Game Engine adalah komponen software inti dari sebuah video game.Engine game biasanya menangani perenderan grafik dan teknologi penting lainnya,tetapi juga memungkinkan dalam menangani fungsi tambahan seperti kecerdasan buatan,pendeteksian tubrukan antara objek game dengan benda lainnya.
Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Sebuah game engine dibagi lagi menjadi dua bagian besar. Yaitu API dan SDK. API ( Applicaiton Programming Interfaces ) adalah bagian operating system, services dan libraries yang diperlukan untuk memanfaatkan beberapa feature yang diperlukan. Dalam hal ini contohnya DirectX. Sementara SDK adalah kumpulan dari libraries dan API yang sudah siap digunakan untuk memodifikasi program yang menggunakan operating system dan services yang sama.
Game engine mempunyai tipe-tipe diantaranya:
- Roll-your-own game engine
- Mostly-ready game engines
- Point-and-click engines
Macam - macam Game Engine Populer
Sudah banyak game-game yang menakjubkan yang telah dirilis oleh berbagai perusahaan di dunia ini. Tapi dibalik game yang hebat pasti ada engine yang hebat. Nah sekarang saya akan membagi info tentang game engine yang banyak dipakai mulai yang proprietary sampai open source.
1. RAGE:
2. CryENGINE:
3. UNREAL ENGINE:
4. NAUGHTY DOG GAME ENGINE:
5. THE DEAD ENGINE:
6. AVALANCHE ENGINE:
7. INFINITY WARD ENGINE:
8. ANVIL ENGINE:
9. FROSTBITE ENGINE:
10. UNITY:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar