Tutorial Flash : Efek Hujan

  • Buka Aplikasi Flash (Macromedia Flash/Adobe Flash)
  • Tekan Ctrl+F3, pada panel properties yang muncul ubah warna Background menjadi warna selain putih(kontras dari warna putih) cth. warna Biru
  • Pada frame 1 dan tekan F9. Pada panel properties yang muncul masukkan script berikut :
   

//membuat sebuah movie clip kosong yang berisi jatuh
_root.createEmptyMovieClip("jatuh", 1);
//mengatur width sama dengan width stage dikali 2.5
width = Stage.width*2.5;
with (jatuh) {
    //membuat garis
    lineStyle(2, 0xFFFFFF, 100);
    lineTo(2, 10);
}
//membuat variable i dengan nilai kurang dari 250
for (i=0; i<50; i++) {
    //duplikasi jatuh dengan nama baru garis_hujan+i
    duplicateMovieClip(jatuh, "garis_hujan"+i, 10+i);
    //posisi x garis_hujan sama dengan nilai acak panjang stage
    _root["garis_hujan"+i]._x = random(Stage.width);
    //posisi y garis_hujan sama dengan nilai acak lebar stage
    _root["garis_hujan"+i]._y = random(Stage.height);
    //nilai variable kecepatan garis hujan sama dengan nilai acak 30 ditambah 10
    _root["garis_hujan"+i].kecepatan = random(30)+10;
    //nilai alpha`garis hujan sama dengan nilai acak 80 ditambah 20
    _root["garis_hujan"+i]._alpha = random(80)+20;
}
onEnterFrame = function () {
    //membuat variable i dengan nilai kurang dari 250
    for (i=0; i<50; i++) {
        //posisi x garis hujan ditambah variable kecepatan
        _root["garis_hujan"+i]._y += _root["garis_hujan"+i].kecepatan;
        //posisi y garis hujan ditambah variable kecepatan yang dibagi 4
        _root["garis_hujan"+i]._x += _root["garis_hujan"+i].kecepatan/4;
        //jika posisi x garis hujan lebih dari panjang stage
        if (_root["garis_hujan"+i]._x>Stage.width) {
            //posisi x garis hujan berada di nilai acak width dikurangi panjang stage dibagi 2
            _root["garis_hujan"+i]._x = random(width)-Stage.width/2;
            //posisi y garis hujan berada di koordinat 0
            _root["garis_hujan"+i]._y = 0;
        }
        //jika posisi y garis hujan lebih dari lebar stage
        if (_root["garis_hujan"+i]._y>Stage.height) {
            //posisi y garis hujan berada di koordinat 0
            _root["garis_hujan"+i]._y = 0;
            //posisi x garis hujan berada di nilai acak width dikurangi panjang stage dibagi 2
            _root["garis_hujan"+i]._x = random(width)-Stage.width/2;
        }
    }
};

  • bisa juga diubah ketebalan garis hujannya,warna,dsb !

  • Tekan Ctrl+Enter..

Selamat Mencoba

Unknown

sedang dalam perbaikan....

1 komentar: