Ernesto Guevara Biography

Nama: Ernesto Guevara Varian Nama: Che Guevar Tanggal Lahir: 14 Juni 1928 Kematian Tanggal: 8 Oktober 1967 Tempat Lahir: Rosario, Argentina Tempat Kematian: Bolivia Kebangsaan: Argentina Gender: Male Pekerjaan: revolusioner, penasehat
Ernesto Guevara (1928-1967) adalah seorang revolusioner Argentina, teoritikus gerilya, dan penasihat terpercaya utama Kuba Fidel Castro.
Ernesto Guevara lahir pada 14 Juni, 1928 di Rosario. Keturunan Spanyol dan Irlandia, ia menderita asma, menghabiskan masa kecilnya di sebuah kota pegunungan dekat Rosario. Pada usia dini ia membaca buku sejarah dan sosiologi dan sangat dipengaruhi oleh tulisan-tulisan para penyair Komunis Chili Pablo Neruda. Pada 19 Guevara memasuki sekolah kedokteran Universitas Buenos Aires.
Pada tahun 1952 "Che" Guevara ("Che" adalah setara Argentina "sobat") terputus studinya untuk berangkat dengan teman di perjalanan lintas benua yang termasuk sepeda motor ke Chili, naik rakit di Amazon, dan mengambil pesawat ke Florida. Dia kembali ke Argentina untuk melanjutkan studinya, lulus dengan gelar dokter kedokteran dan bedah pada tahun 1953.
Akhir tahun 1953 Guevara meninggalkan Argentina, kali ini untuk yang baik. Dia pindah ke Guatemala, tempat ia pengalaman pertama sebuah negara yang perang. Dia mendukung rezim JacoboArbenz, dan ketika itu digulingkan pada tahun 1954 Guevara mencari suaka di kedutaan Argentina, yang tersisa di sana sampai dia bisa bepergian ke Meksiko.
Di sinilah Guevara bertemu saudara-saudara Castro. Pada saat Fidel Castro merencanakan ekspedisi melawan diktator Kuba Fulgencio Batista, dan Guevara setuju untuk pergi bersama sebagai dokter. Pada 2 Desember 1956, petualang mendarat di bagian timur Kuba, menjadi inti dari sebuah kekuatan gerilya yang beroperasi di Pegunungan Sierra Maestra. Para gerilyawan menyumbang ambruknya rezim Batista pada 31 Desember, 1958.
Pada bulan Januari 1959 Guevara adalah salah satu komandan pemberontak pertama yang memasuki Havana dan mengambil kendali dari ibukota. Dia memegang beberapa jabatan dalam pemerintahan Castro: komandan benteng La Cabana, Presiden Bank Nasional, dan menteri industri. Tapi selalu, yang paling penting dari semua, dia adalah salah satu penasihat paling berpengaruh Castro. Guevara mengunjungi negara-negara komunis pada musim gugur 1960 untuk membangun hubungan perdagangan dengan blok Soviet dan mengkritik kebijaksanaan Amerika Serikat terhadap Kuba. Dia juga diarahkan rencana yang gagal untuk membawa industrialisasi yang pesat ke Kuba dan mendukung supremasi moral insentif material atas untuk meningkatkan produksi. Guevara juga mendalangi Kuba program subversif di Amerika Latin dan menulis secara ekstensif tentang subyek ini. Dalam buku pertamanya, Gerilya Warfare (1960), ia memberikan petunjuk dasar tentang konflik jenis ini.

Unknown

sedang dalam perbaikan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar